Selasa, 21 Februari 2023

GEREGETAN LIHAT SAMPAH NUMPUK, PEMUDA BERSIHKAN PANTAI LEKOK

 

Anggota IPPNU Lekok Bersihkan pantai dari sampah Plastik (17/2/2023)

Kegiatan Bersih Pantai yang diinisiasi oleh Instalasi Pelabuhan Lekok bersama organisasi lokal IPNU IPPNU yang menyebut dirinya komunitas BCU Lekok (Beach Clean Up) yang rutin diadakan 2 minggu sekali kali ini sedikit berbeda. Biasanya kegiatan bersih pantai ini hanya memunguti sampah dipantai namun kali ini, Jumat 17 Februari 2023 kegiatan ini diiringi dengan penanaman magrove sebagai upaya penghijauan dan "sabuk laut", selain itu kegiatan ini juga juga menyambut HPSN 2023. Kegiatan yang didukung oleh Pemkab Pasuruan berupa alat beratpun didatangkan untuk diperbantukan dalam mengangkat sampah sampah terutama jarring nelayan yang telah tertanam sekian lama di pantai yang memang sangat sulit ditarik secara manual oleh tenaga manusia. Dukungan lain juga dari Indonesia Power dan Bumdesma Lekok Asri.

Kegiatan tersebut dimulai pada pukul 08.00 WIB dengan diawali upacara pembukaan oleh Bapak Camat Lekok dan diikuti oleh beberapa organisasi setempat seperti Bumdesma Lekok Asri, IPM , KARTAR Jatirejo, Anshor, Banser, IPNU IPPNU, OPA Patas, MANU SMKNU MTsNU, SMP NU, MTs Bumi Darunnajah, SMA Bumi Darunnajah, MTs Darunnajah, dan SMK Muhammadiyah. Kegiatan ini juga diikuti oleh kurang lebih 80 partisipan dalam pelaksanaannya untuk menyambut Hari Peduli Sampah Nasional 2023.


"kegiatan Bersih Pantai  atau Beach Clean Up dan penanaman tanaman mangrove menjadi kegiatan yang dapat menjadi usaha pengembangan lingkungan salah satunya di Pantai Lekok dan sebagai pemuda pemudi local Lekok, harapannya tetap semangat dalam memajukan Lekok supaya semakin bersih dan sehat." Mulyohadi, Camat Lekok.

"kegiatan Bersih Pantai yang diiringi dengan Kegiatan penanaman mangrove ini menjadi salah satu upaya fungsional dalam pemanfaatan pesisir pantai sehingga diharapkan dapat menjadi suatu pembaharuan dalam terciptanya ekosistem lingkungan pesisir yang bersih dan asri" Dodit Waluyo, Kepala Pelabuhan Perikanan Pantai Lekok 

Anisatus sebagai perwakilan dari Bumdesma Lekok yang mengelola TPST wilayah Lekok mengatakan “Bersih pantai dan penanaman mangrove ini menjadi suatu kegiatan dalam upaya menciptakan lingkungan pesisir pantai yang dulunya terlihat kumuh menjadi fasilitas publik yang dapat dijadikan tempat bermain anak-anak dan tempat menikmati matahari tenggelam” ujarnya.

Sebelumnya diketahui bahwa lingkungan di pesisir Pantai Lekok menjadi salah satu objek ekosistem pantai yang seharusnya dijaga. Setiap kali dilakukan bersih pantai, esoknya akan kembali ada tumpukan sampah.

Kegiatan Menanam Mangrove di pantai Lekok, Pasuruan

Zain selaku ketua dari Komunitas yang mengatasnamakan BCU Lekok sebagai  lembaga yang dibentuk PAC IPNU IPPNU lekok berharap“ kegiatan yang rutin kami lakukan setiap hari Jumat 2 minggu sekali bersama para pelajar, IPNU/IPPNU Lekok dapat membangun kesadaran masyarakat dengan memberikan contoh aksi nyata sehingga mereka tidak lagi membuang sampah ke pantai, sebagai informasi selama bulan Juli kami bersih pantai, telah terangkut lebih dari 2000kg sampah yang terangkut. Kegiatan ini didasari oleh semangat teman teman pelajar di kecamatan lekok dalam menjaga lingkungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NINA MINTA NORWEGIA IKUT PULIHKAN PENCEMARAN KALI BRANTAS

Nina Menyerahkan Surat Protes kepada Erlend Haugen, Delegasi Norwegia Dalam INC4, di Shaw Centre Ottawa, Kanada (27/April/2024) Aeshnina Mem...