Jumat, 13 Oktober 2023

KANSAS DESAK DINAS PU SIDOARJO BERSIHKAN KALI PELAYARAN


13 Oktober 2023, Sidoarjo – Komunitas KANSAS (KAWAN SUNGAI SIDOARJO), yang didirikan pada tanggal 15 Agustus 2023 lahir dengan visi “Mengupayakan Sungai Bersih tanpa tercemar dari Sampah dan Limbah” hari ini mengambil langkah serius untuk menjaga kelestarian sungai dengan mengirimkan surat Pengaduan Kerusakan Sungai Pelayaran yang tersumbat dan tertimbun oleh sampah domestic terutama plastik dan popok sekali pakai. Surat  pengaduan tersebut ditujukan kepada Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Sidoarjo. Surat yang dikirimkan terhadap PU, didasarkan pada fakta temuan fakta lapangan terkait kondisi sampah yang menumpuk dan menyumbat seluruh aliran Sungai Pelayaran yang berada di wilayah Tawangsari kabupaten Sidoarjo.

 

Didalam surat tersebut diikuti hasil dari observasi, wawancara, dan brand audit yang dilakukan oleh komunitas KANSAS pada tanggal 6 September 2023. Diketahui bahwa hasil temuan dari brand audit dengan melakukan audit karakteristik, jenis plastik, dan merek brand  menunjukkan sekitar 278 pcs sampah plastik yang dikumpulkan di dominasi oleh kemasan plastik (Single Layer dan Multilayer “sachet”) Perusahaan makanan dan minuman, plastik tanpa brand (Unbrand) dan popok sekali pakai. Berdasarkan hal tersebut komunitas KANSAS mendesak Dinas PU Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Sidoarjo untuk segera mengambil tindakan pembersihan dan pengangkutan sampah yang menyumbat menutup badan air Sungai Pelayaran. Surat yang dilayangkan juga berdasarkan keresahan masyarakat Tawangsari yang mengeluhkan bau tak sedap akibat sampah yang menumpuk dibadan air. Selain itu warga juga mengeluhkan air tanah yang berbau ketika di gunakan.

 

Komunitas kansas juga berharap bahwa surat ini  sebagai jalan agar pihak yang memiliki wewenang dalam hal ini pihak Dinas PU Sidoarjo untuk segera bertindak dan mengambil langkah konkret dalam menjaga lingkungan sungai Pelayaran untuk generasi mendatang. “Kami berharap semoga dengan mengirimkan surat ini bisa menjadi langkah awal dalam membantu masyarakat Tawangsari untuk mendapatkan haknya mendapatkan sungai yang bersih” – Ujar Isa Darwisy selaku koordinator komunitas KANSAS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Nina : "Wings, Nestle, Unilever dan Mayora, Stop Banjiri Sungai Indonesia dengan Sachetmu!"

Nina bersama aktivis lingkungan dunia Melakukan Aksi Didepan Centre Shaw di Ottawa, Kanada Kamis (25/4/2024). Mendesak Produsen Global untuk...