Selasa, 16 Januari 2024

500 Pelajar SMAN 1 Krembung Minta Calon Presiden 2024 Bebaskan Sungai Porong Sidoarjo Dari Sampah Plastik

Pelajar SMAN 1 Krembung Inginkan Capres 2024 Lindungi Kali Porong

Senin 15 January 2025, 500 pelajar SMAN 1 Krembung bersama komunitas River Warrior dan  Lembaga Kajian Ekologi dan Konservasi Lahan Basah (ECOTON) Mengadakan kegiatan menulis Surat Gen Z untuk Calon presiden 2024. Kegiatan dimulai dengan paparan tentang kondisi sungai-sungai Sidoarjo yang telah tercemar mikroplastik "kami telah melakukan kegiatan ekspedisi Kali Porong dan menemukan pencemaran mikroplastik di air sungai, sedimen, ikan bahkan udara dan Tahu nya tercemar mikroplastik" ungkap Aeshnina Azzahra Aqilani, lebih lanjut Aeshnina menyebutkan bahwa harus Ada kepedulian Calon presiden untuk menyelamatkan Kali Porong Dari Kerusakan, Karena Kali Porong adalah sungai Strategist Nasional.

"Fakta bahwa Indonesia menjadi pencemar sampah Plastik di laut global Kini ditambah kenyataan bahwa sampah Plastik Indonesia ditemukan di Afrika makin menunjukkan tidak adanya upaya serius Pemerintah untuk kendalikan dan kelola sampah Plastik, Maka kita Minta Calon presiden 2024 punya nyali seperti Aquaman menjaga laut dan sungai dengan sepenuh Hati" ungkap Aeshnina Azzahra Aqilani, ungkapan ini disampaikan Aeshnina di Aula SMAN 1 Krembung, Sidoarjo.

Identifikasi Masalah Lingkungan


500 pelajar yang hadir terbagi dalam masing-masing kelas, kemudian menginventarisasi problem lingkungan di wilayah Sidoarjo terutama daerah tempat tinggal. " Masalah Lingkungan yang sering Saya rasakan adalah pembuangan sampah sembarangan, buang popok kesungai, buang sampah ditepi Jalan dan pembakaran sampah yang mengganggu kesehatan Karena menimbulkan bau" ujar Dinda Dwi Retno siswa kelas X. Teridentifikasi 5 masalah penting di Sidoarjo, yaitu : 

1. Sungai Tercemar akibat sampah Plastik dan limbah pabrik

2. Pembuangan sampah dan pembakaran sampah mencemari udara, terutama bakaran sampah Plastik yang menimbulkan bau tak Sedap. Peningkatan  Penggunaan Plastik dan tidak adanya tempat pengolahan yang memadai

3. Sampah impor yang banyak ditemukan di pemukiman warga, kami juga menemukan pembakaran sampah electronic 

4. Hilangnya kawasan Hijau atau meningkatkan aktivitas deforestasi

5. Pencemaran udara akibat emisi kendaraan bermotor meningkatkan cepatnya pemanasan global akibat Kris iklim

Pelajar antusias menuliskan pesan dan Harapan kepada Calon presiden Karena kepada pemimpin bangsa inilah gen Z menaruh Harapan tinggi untuk pemulihan kerusakan lingkungan di Indonesia. " Kita berharap presiden 2024 mau membebaskan sungai-sungai di Sidoarjo Dari pencemaran sampah Plastik" ungkap Dian Rahma siswa kelas XI SMAN 1 Krembung.

Surat Akan dikirimkan besok kepada Calon Presiden Di Jakarta berharap agar Ada respon Dari para Capres. "Kami sangat berharap Calon Presiden 2024 memprioritaskan problem sampah Plastik dan penyelesaian Dari Hulu mendorong penduduk Indonesia menerapkan Gaya hidup Reduce, reduce dan reuse" ungkap Aeshnina Azzahra Aqilani, lebih lanjut koordinator River Warrior bahwa Presiden 2024 harus punya komitmen agar mau melindungi Bumi, mengurangi laju deforestasi, menjaga laut Dari sampah Plastik dan menjaga sungai-sungai Dari pencemaran limbah industri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Nina : "Wings, Nestle, Unilever dan Mayora, Stop Banjiri Sungai Indonesia dengan Sachetmu!"

Nina bersama aktivis lingkungan dunia Melakukan Aksi Didepan Centre Shaw di Ottawa, Kanada Kamis (25/4/2024). Mendesak Produsen Global untuk...