Senin, 05 Februari 2024

GEN Z PESIMIS KOMITMEN LINGKUNGAN CAPRES 2024

Gambar AI Kerusakan Sungai di Indonesia

Menjelang pemilihan presiden di Indonesia, para aktivis lingkungan mengatakan bahwa para kandidat telah gagal menguraikan kebijakan ramah lingkungan yang jelas

·         Sebagian besar pemilih dalam jajak pendapat bulan Februari akan berusia muda

·         Para calon presiden tidak memiliki kebijakan iklim yang ambisius

·         Indonesia yang kaya sumber daya alam merupakan kunci bagi upaya iklim global

KUALA LUMPUR, Malaysia/SURABAYA, Indonesia - Aeshnina Azzahra Aqilani masih terlalu muda untuk memberikan suaranya pada pemilihan umum di Indonesia bulan ini, namun hal tersebut tidak menghentikannya untuk menuntut ketiga calon presiden untuk menerapkan kebijakan yang lebih ramah lingkungan untuk memerangi krisis iklim.

Selama enam bulan terakhir, pelajar berusia 16 tahun ini mengumpulkan hampir 1.000 surat, baik secara online maupun di sekolah-sekolah dan perguruan tinggi, dari anak-anak muda di seluruh provinsi asalnya, Jawa Timur.


 60% di antaranya akan menjadi pemilih pemula dalam pemilihan presiden dan legislatif pada tanggal 14 Februari - semuanya menuntut tindakan yang lebih tegas terhadap perubahan iklim dan daur ulang.

"Mereka berharap bahwa isu-isu lingkungan akan diprioritaskan oleh ketiga calon presiden kita," kata Aqilani, yang tinggal di Kabupaten Gresik dan meneruskan surat-surat tersebut kepada para kandidat pada akhir Januari.

Namun sejauh ini, hanya ada sedikit tanda-tanda bahwa hal itu akan terjadi, kata para aktivis lingkungan, yang telah mendesak para kandidat untuk berkomitmen pada kebijakan yang kuat dan terperinci untuk memerangi perubahan iklim di negara yang kaya akan hutan dan lahan gambut serta salah satu dari 10 penghasil gas rumah kaca terbesar di dunia.

Para pegiat lingkungan mengatakan bahwa meskipun para kandidat telah berbicara selama kampanye tentang risiko mendesak yang ditimbulkan oleh perubahan iklim - sebuah perkembangan baru dari pemilu sebelumnya - kebijakan untuk mengatasi krisis iklim seringkali kurang rinci dan ambisius.


Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, mantan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan mantan Gubernur Jakarta Anies Baswedan, semuanya berlomba-lomba untuk menggantikan pemimpin populer Joko Widodo, yang juga dikenal sebagai Jokowi, setelah satu dekade berkuasa.

Jajak pendapat terbaru menunjukkan bahwa Prabowo, yang pasangannya adalah putra Jokowi, memperkuat keunggulannya atas lawan-lawannya.

Namun, meskipun ketiganya telah membuat janji tentang lingkungan, ada kekhawatiran bahwa janji tersebut mungkin akan dikurangi, terutama karena para analis mengatakan bahwa para kandidat politik di Indonesia seringkali memiliki atau mengembangkan hubungan dekat dengan perusahaan-perusahaan sumber daya alam untuk membantu mendanai ambisi mereka, dan hal ini dapat mempengaruhi kebijakan iklim dan ekonomi.

"Para pemimpin Indonesia selanjutnya harus menjadikan isu iklim sebagai bagian dari kebijakan utama mereka," ujar Nirarta Samadhi, direktur negara dari lembaga nirlaba World Resources Institute Indonesia, yang mencatat bahwa mayoritas dari mereka yang memberikan suara pada tanggal 14 Februari nanti adalah kaum muda.

Sekitar 205 juta dari lebih dari 270 juta orang di negara berpenduduk mayoritas Muslim terbesar di dunia ini memenuhi syarat untuk memilih, dengan sekitar sepertiga di antaranya berusia di bawah 30 tahun dan 52% di bawah 40 tahun, menurut Komisi Pemilihan Umum (KPU).  

"(Kaum muda) akan menjadi salah satu pihak yang paling terdampak oleh perubahan iklim - sekarang dan di masa depan," tambah Samadhi.  

Aktivisme iklim yang dipimpin oleh kaum muda berkembang pesat di Indonesia, dan terdapat kesadaran publik yang kuat akan dampak krisis iklim dan perlunya para politisi bertindak cepat.

Sebuah survei yang diterbitkan tahun lalu oleh Pusat Studi Ekonomi dan Hukum dan lembaga penelitian UniTrend di Universitas Gadjah Mada menunjukkan bahwa 81% masyarakat Indonesia percaya bahwa pemerintah harus mengumumkan keadaan darurat iklim, sementara 60% berpikir bahwa pemerintah telah gagal dalam menangani krisis iklim.

Namun di masa lalu, masyarakat cenderung tidak memberikan suara mereka terutama pada isu-isu lingkungan, dan kelompok-kelompok lingkungan dituduh menghambat pertumbuhan ekonomi oleh para politisi dan pelaku bisnis.

Aqilani, yang terinspirasi untuk meluncurkan kampanyenya karena keprihatinannya terhadap sungai-sungai yang tercemar dan dampaknya terhadap kesehatan di daerah tempat tinggalnya, berharap kampanye suratnya dapat membantu mendorong tindakan.

"Ini adalah cara yang efektif untuk mendorong perbaikan lingkungan di masa depan," katanya.

 

Seruan untuk kejelasan dari para kandidat


Indonesia merupakan salah satu dari 17 negara "megadiverse" di dunia, rumah bagi hutan tropis terbesar ketiga di dunia dan juga penghasil kelapa sawit terbesar, komoditas yang dituding oleh banyak pemerhati lingkungan sebagai penyebab tingginya laju deforestasi.

Merusak hutan hujan merupakan ancaman besar bagi aksi iklim, karena pohon menyerap sekitar sepertiga emisi karbon dioksida yang menyebabkan pemanasan bumi yang diproduksi di seluruh dunia, namun melepaskan karbon kembali ke udara saat pohon-pohon tersebut membusuk atau terbakar.

Sebagian besar hutan hujan di Indonesia telah ditebangi untuk tanaman seperti kelapa sawit atau untuk industri seperti pertambangan, pulp dan kertas, atau untuk urbanisasi.

Laju deforestasi telah melambat dalam beberapa tahun terakhir karena kebijakan yang lebih ketat dan pengendalian kebakaran hutan, namun Indonesia masih menduduki peringkat keempat di dunia dalam hal kehilangan hutan tropis primer pada tahun 2022 oleh WRI.

Terlepas dari pentingnya keanekaragaman hayati yang kaya bagi Indonesia dan dunia, ketiga kandidat presiden telah memfokuskan kampanye mereka untuk mendorong pertumbuhan, lapangan pekerjaan, kesejahteraan, anti-korupsi dan pluralisme.

Meskipun mereka telah berjanji untuk memperkenalkan atau mempertahankan kebijakan-kebijakan ramah lingkungan - seperti memberikan insentif untuk investasi energi terbarukan, menghapus pembangkit listrik tenaga batu bara, memberdayakan upaya-upaya konservasi hutan, dan berpotensi mengakhiri monopoli PLN - para analis mengatakan bahwa masih banyak hal yang harus dilakukan.

Tiza Mafira, direktur lembaga pemikir independen Climate Policy Initiative, mengatakan bahwa setiap presiden baru harus mendukung target-target transisi energi yang ada saat ini dan memastikan penghentian penggunaan bahan bakar fosil terus berlanjut.

Indonesia telah berjanji untuk mengurangi emisi lebih dari 30% pada tahun 2030 dan mencapai emisi nol pada tahun 2060. Target untuk sektor energi adalah mencapai nol bersih pada tahun 2050.


Pada akhir tahun 2022, Jakarta mengambil langkah besar untuk mencapai target ini dengan meraih salah satu kesepakatan pendanaan iklim terbesar yang pernah ada untuk menutup pembangkit listrik tenaga batu bara lebih awal dan beralih ke energi terbarukan.

Transisi dari bahan bakar fosil ini belum diterjemahkan ke dalam tindakan yang tegas, dan meskipun ada kekhawatiran di daerah-daerah yang kaya akan sumber daya alam mengenai lapangan pekerjaan, potensi dampaknya belum sepenuhnya dipertimbangkan oleh sebagian besar pemilih, yang sebagian besar di antaranya masih terguncang oleh dampak ekonomi pandemi COVID-19.             

"Ketiga kandidat telah menyebutkan tujuan iklim, yang menunjukkan bahwa perubahan iklim bukanlah isu yang terpolarisasi," kata Mafira. "Perdebatan yang menentukan adalah kebijakan mana yang akan berhasil mencapai tujuan iklim sesuai tenggat waktu - nol bersih pada tahun 2060 atau 2050 - dan oleh karena itu menghindari biaya tinggi dari tindakan yang lambat," tambahnya.

Mafira mengatakan bahwa moratorium izin pembangkit listrik tenaga batu bara baru dan transparansi mengenai penghentian dini pembangkit listrik tenaga batu bara juga harus dipertahankan, dan ia memperingatkan bahwa subsidi bahan bakar fosil dan energi memperlambat transisi ke energi terbarukan.

Seiring dengan percepatan transisi tersebut, ia mengatakan bahwa pedoman mengenai pertambangan yang beretika akan dibutuhkan untuk mineral seperti nikel, yang digunakan dalam

energi terbarukan dan teknologi ramah lingkungan seperti kendaraan listrik.

"Perlu ada rencana berapa banyak pertambangan yang dibutuhkan, untuk apa dan berapa lama, dan transisi ke rantai pasokan sirkular di mana mineral tidak ditambang, melainkan diambil dan didaur ulang."

 

Risiko hilangnya keanekaragaman hayati

Kebijakan-kebijakan hijau yang diperkenalkan oleh Presiden Jokowi saat ini harus dilanjutkan, namun pemimpin yang baru juga harus melakukan perbaikan dan mencoba pendekatan-pendekatan yang berbeda, ujar Firdaus Cahyadi, pemimpin tim Indonesia di kelompok aktivis iklim 350.org.

Sebagai contoh, kesepakatan transisi energi harus dinegosiasikan ulang untuk menghindari sebagian besar dana yang masuk dalam bentuk pinjaman demi pembiayaan yang lebih berimbang, ujarnya.

Kesepakatan tersebut juga harus meningkatkan transparansi, mengalihkan fokus dari proyek-proyek energi terbarukan berskala besar ke energi terbarukan berbasis masyarakat dan menghapus ketentuan-ketentuan yang masih mengijinkan pembangunan pembangkit listrik tenaga batu bara, tambahnya.

"Setiap kandidat telah memasukkan ekonomi hijau ke dalam dokumen-dokumen yang menguraikan visi dan misi mereka," kata Cahyadi.

"Namun, ada kemungkinan bahwa semua kandidat dapat mengalihkan agenda ekonomi hijau untuk melayani kepentingan bisnis yang berkelanjutan di bidang energi fosil dan perkebunan skala besar, yang berpotensi berkontribusi pada peningkatan deforestasi."   

Kebijakan-kebijakan yang ada saat ini untuk perlindungan dan restorasi lahan gambut, dan juga hutan secara lebih luas, harus didukung oleh presiden yang akan datang, ujar Iola Abas, koordinator dari kelompok advokasi lingkungan hidup Pantau Gambut.

Selama kampanye, ketiga calon presiden cenderung mempersempit isu iklim pada energi dan menghindar untuk meninjau ulang undang-undang yang berisiko deforestasi, tambah Abas.

Mereka juga belum mengumumkan kebijakan baru untuk menangani perusahaan-perusahaan yang melakukan deforestasi ilegal, ujarnya.

Samadhi dari WRI mengatakan bahwa kebijakan business-as-usual yang berfokus pada keuntungan ekonomi jangka pendek sudah tidak lagi memadai.

"Berfokus pada keuntungan jangka pendek berarti mempertaruhkan hilangnya keanekaragaman hayati dan keseimbangan ekosistem yang hanya akan mempercepat ketidakstabilan iklim dan biaya-biaya yang ditimbulkannya," ujarnya.

(Pelaporan oleh Michael Taylor dan Asad Asnawi; Penulisan oleh Michael Taylor; Penyuntingan oleh Clar Ni Chonghaile dan Laurie Goering)

Sumber : https://www.straitstimes.com/asia/se-asia/no-ambition-youth-bemoan-green-pledges-ahead-of-indonesia-poll


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Nina : "Wings, Nestle, Unilever dan Mayora, Stop Banjiri Sungai Indonesia dengan Sachetmu!"

Nina bersama aktivis lingkungan dunia Melakukan Aksi Didepan Centre Shaw di Ottawa, Kanada Kamis (25/4/2024). Mendesak Produsen Global untuk...