Senin, 13 Juli 2020

ECOTON TUNTUT WINGS SURYA BERSIHKAN SAMPAH SACHET KALI SURABAYA

Bersama dengan Indofood dan Unilever, Wing Surya menjadi tiga besar penyumbang sampah plastik dan sachet terbesar di Kali Surabaya.Pada Februari-Juni 2020 Ecoton melakukan inv
entarisasi merk atau Brand Audit timbulan sampah dibantaran dan dipermukaan Kali Surabaya. Kegiatan dilakukan di 7 desa Sepanjang aliran kali Surabaya di Desa Sumberame, Wringinanom, Sumengko, Bambe (Kabupaten Gresik) dan Desa Mlirip
rowo, Bogem Pinggir, Penambangan (Kabupaten Sidoarjo). Hasil brand audit menunjukkan sampah packaging PT Wings Surya menempati peringkat pertama pada timbulan sampah dan sampah yang ada dalam rumah tangga. "Kami juga memasang Trashboom/Penjebak Sampah di sungai selama 68 Jam di wilayah Desa Wringinanom, kabupaten Gresik menunjukan bahwa 47% didominasi oleh kemasan plastik sekali pakai seperti kemasan sachet dan pouch dan salah satunya berasal dari merk dari PT.Wings Surya," Ungkap Tonis Afrianto Koordinator Program Zerowaste Cities.
Sampah plastik sachet tersebut teronggok di tepi sungai dan mengapung di sungai, berpotensi menjadi Mikroplastik yang terakumulasi di air sungai dimana sebagai bahan baku utama air PDAM Surabaya, Sidoarjo, Gresik dan Mojokerto. Mikroplastik merupakan plastik berukuran < 5mm yang apabila masuk ke dalam tubuh manusia akan berdampak buruk bagi kesehatan seperti gangguan pencernaan, diabetes, penyakit ginjal, gangguan keseimbangan hormon hingga kanker. Probelum lainnya adalah nilai ekonomi sachet yang rendah sehingga tidak laku di jual atau sulit didaur ulang sehingga masyarakat umumnya membakar sampah sachet. Pembakaran sachet menimbulkan gas beracun Dioxin, bisa sebabkan kanker, sakit pernapasan, gangguan saraf, kemandulan.
Dari temuan kami diatas tersebut, kami meminta PT.Wings Surya untuk :

1.  Membersihkan (Clean Up) sampah-sampah sachet dan packaging produksi PT.Wings Surya yang terapung dan teronggok dibantaran Kali Surabaya.

2.  Me-Redesain kemasan, tidak memproduksi kemasan plastik sachet, kemasan sachet merupakan Multilayer yang sulit didaur ulang. Sampah sachet akan menambah jumlah sampah di TPA, karena sampah tidak bisa di daur ulang. Oleh karena itu PT.Wings Surya ikut andil dan bertanggung jawab menyelesaikan permasalahan sampah sachet ini.

3.  Tanggung Jawab Pengelolaan sampah PT Wings yang menjadi timbulan sampah di Kali Surabaya, mengacu UU No.18 tahun 2008, produsen diminta untuk bertanggung jawab terhadap produk yang mereka buat, membantu menanggung biaya untuk mengumpulkan, memindahkan, mendaur ulang, dan membuang produk atau material di penghujung siklus hidup barang tersebut.

- Pasal 14 bahwa setiap produsen harus mencantumkan label atau tanda yang berhubungan dengan pengurangan dan penanganan sampah pada kemasan dan/atau produknya,

-   Pasal 15 bahwa produsen wajib mengelola kemasan dan/atau barang yang diproduksinya yang tidak dapat atau sulit terurai oleh proses alam.

4.  Menyediakan tempat sampah khusus  Sachet, sachet masuk kategori sampah residu. Penyediaan tempat sampah khusus sachet sebagai sarana mengendalikan jumlah timbulan sampah plastik sachet yang dihasilkan oleh PT.Wings Surya.

5.  Mencari bahan pengganti agar tidak lagi menggunakan plastik sekali pakai atau mencari cara lain dalam delivery product seperti penyediaan sarana Refill

6.  Mengedukasi konsumen (Untuk Jangka pendek) PT.Wings Surya untuk mencantumkan himbauan dalam sachet atau iklan di media massa mengedukasi konsumen PT Wings Surya agar tidak membuang sampah ke sungai dan membakar sampah produk PT.Wings karena akan mengganggu kesehatan dan merusak lingkungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NINA MINTA NORWEGIA IKUT PULIHKAN PENCEMARAN KALI BRANTAS

Nina Menyerahkan Surat Protes kepada Erlend Haugen, Delegasi Norwegia Dalam INC4, di Shaw Centre Ottawa, Kanada (27/April/2024) Aeshnina Mem...